TUGAS RESUM THAHARAH, SHOLAT & ZAKAT, PUASA DAN HAJI
Diajukan untuk Memenuhi
Tugas Mata Kuliah Perbandingan Madzhab
Dosen Pengampu:
Erfan Efendi, M.Pd.I
Di susun Oleh:
Nama : Ria Siti Rahayu
NIM : 084141398
Kelas : A-9
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
JURUSAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI )
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER
April, 2017
BAB THAHARAH
A.
Definisi Thaharah Menurut Empat Madzhab
No
|
Menurut Empat Madzhab
|
Definisi Tahaharah
|
1
|
Maliki
|
Bersifat
hukmiyah yang menyebabkan orang yang disifatinya boleh melakukan shalat
dengan pakaian yang dipakainya dan di tempat ia melakukan shalat itu.
|
2
|
Hanafi
|
Suci
dari hadats dan khubts (kotoran).
|
3
|
Hambali
|
Hilangnya
hadats dan najis.
|
4
|
Safi’i
|
Melakukan
sesuatu yang membolehkan seseorang melakukan shalat serta menghilangkan
hadats dan najis.[1]
|
B.
Macam-Macam
Air Menurut Empat Mazdhab
No
|
Macam-Macam Air
|
Madzhab Maliki
|
Madzhab Hanafi
|
Madzhab Hambali
|
Madzhab Safi’i
|
1
|
Air
mutlak
|
Suci
mensucikan
|
Suci
mensucikan
|
Suci
mensucikan
|
Suci
mensucikan
|
2
|
Air
musta’mal
|
Suci
tidak mensucikan
|
Suci
mensucikan
|
Suci
tidak mensucikan
|
Suci
tidak mensucikan
|
3
|
Air
musakhkhan musyammasy
|
Boleh
|
Makruh
|
Boleh
|
Boleh
|
4
|
Air
musakhkhan ghairu musyammasy
|
-
|
Boleh
|
Boleh
|
-
|
C.
Benda-Benda
Suci Menurut Empat Madzhab
No
|
Menurut Empat Madzhab
|
Benda Padat
(Emas, perak, tembaga, besi,
timah, tanaman, hewan, dll)
|
Benda Cair
(Tanah, minyak, air tebu, air
sari bunga, minyak wangi cuka, air liur, dll)
|
1
|
Maliki
|
Semua
hewan suci.
|
Air
liur dalam keadaan terjaga atau tidur.
|
2
|
Hanafi
|
Semua
hewan najis kecuali babi.
|
Keringat,
air ludah, empedu dan dahak.
|
3
|
Hambali
|
Semua
hewan suci kecuali anjing dan babi.
|
Air
mata, keringat, air liur dan ingus.
|
4
|
Safi’i
|
Semua
hewan suci kecuali anjing dan babi.[2]
|
Sesuatu
yang keluar dari hewan suci maka suci pula.
|
D.
Benda-Benda
Najis Menurut Empat Madzhab
No
|
Benda-benda Najis
|
Madzhab Maliki
|
Madzhab Hanafi
|
Madzhab Hambali
|
Madzhab Safi’i
|
1
|
Khamr
|
Najis
|
Najis
|
Najis
|
Najis
|
2
|
Nanah
dan darah
|
-
|
Najis
|
-
|
Najis
|
3
|
Air
kencing bayi
|
Najis
|
Suci
bayi laki-laki
|
Suci
bayi perempuan
|
Suci
bayi laki-laki
|
4
|
Bangkai
|
Semua yang keluar
dari bangkai najis.
|
-
|
Najis, kecuali bulu
wol.
|
Semua yang keluar
dari bangkai najis kecuali telur.[3]
|
5
|
Kotoran
|
Kotoran
yang keluar dari hewan yang dapat dimakan adalah najis.
|
Kotoran
yang keluar dari hewan yang dapat dimakan adalah najis.
|
Kotoran
yang keluar dari hewan yang dapat dimakan adalah najis.
|
Kotoran
yang keluar dari hewan yang dapat dimakan adalah najis.[4]
|
6
|
Benda
yang keluar dari perut
|
Binatang
halal suci
|
Suci
|
Binatang
halal suci
|
Najis
|
7
|
Air
mani
|
Najis
|
Najis
|
Suci
|
Suci
|
E.
Wudlu
Menurut Empat Mazdhab
No
|
Wudlu
|
Madzhab Maliki
|
Madzhab Hanafi
|
Madzhab Hambali
|
Madzhab Safi’i
|
1
|
Niat
|
-
|
Rukun
|
Rukun
|
Rukun[5]
|
2
|
Membasuh
wajah
|
Rukun
|
Rukun
|
Rukun
|
Rukun
|
3
|
Membasuh
tangan
|
Rukun
|
Rukun
|
Rukun
|
Rukun
|
4
|
Mengusap
kepala
|
Rukun
|
Rukun
|
Rukun
|
Rukun
|
5
|
Membasuh
kaki
|
Rukun[6]
|
Rukun
|
Rukun
|
Rukun
|
6
|
Tertib
|
-
|
-
|
Rukun
|
Rukun
|
7
|
Muwalat
|
-
|
Rukun
|
-
|
Rukun
|
F.
Hal-Hal
yang Membatalkan Wudlu
No
|
Hal yang membatalkan wudlu
|
Madzhab Maliki
|
Madzhab Hanafi
|
Madzhab Hambali
|
Madzhab Safi’i
|
1
|
Keluarnya
sesuatu lewat qubul dan dubur
|
Batal
|
Batal
jika keluar sesuatu yang lazim
|
Batal
|
Batal
|
2
|
Tidur
yang bukan dalam posisi Tamakkun
|
Batal
|
Batal
jika pulas
|
Batal
|
Batal
walau dengan tamakkun
|
3
|
Hilang
akal karena mabuk, tidur, atau sakit.
|
Batal
|
Batal
|
Batal
|
Batal
|
4
|
Menyentuh
kemaluan dengan telapak tangan
|
Tidak
batal
|
Batal
|
Batal
|
Batal
|
5
|
Menyentuh
kulit lawan jenis bukan mahrom
|
Tidak
batal
|
Batal
jika merasa lezat
|
Batal
|
Batal
dengan syahwat
|
6
|
Keluarnya
sesuatu dari badan
|
Batal
|
Tidak
batal
|
Tidak
batal
|
Tidak
batal
|
BAB SHALAT DAN
ZAKAT
A.
Definisi
Shalat Menurut Empat Madzhab
No
|
Menurut Empat Madzhab
|
Definisi Shalat
|
1
|
Maliki
|
-
|
2
|
Hanafi
|
Rangkaian
rukun yang dikhususkan dan dzikir yang ditetapkan dengan syarat-syarat
tertentu dalam waktu yang telah ditentukan.[7]
|
3
|
Hambali
|
Nama
untuk sebuah aktifitas yang terdiri dari rangkaian berdiri, ruku dan sujud.
|
4
|
Safi’i
|
-
|
B.
Syarat
Wajib Shalat Menurut Empat Madzhab
No
|
Madzhab Maliki
|
Madzhab Hanafi
|
Madzhab Hambali
|
Madzhab Safi’i
|
1
|
Islam
|
Islam
(orang
kafir masuk Islam tidak perlu mengqada’ sholat-shalat yang ditinggalkan
selama dia masih kafir).[8]
|
-
|
-
|
2
|
Berakal
|
Berakal
|
-
|
Berakal
|
3
|
Baligh
|
Baligh
|
-
|
-
|
C.
Rukun
Shalat Menurut Empat Madzhab
No
|
Rukun
Shalat
|
Madzhab
Maliki
|
Madzhab
Hanafi
|
Madzhab
Hambali
|
Madzhab
Safi’i
|
1
|
Niat
|
Niat
|
Niat
|
Niat
|
Tidak harus
niat[9]
|
2
|
Takbiratul Ikhram
|
Takbiratul Ikhram (menggunakan bahasa arab).[10]
|
Takbiratul
Ikhram (menggunakan bahasa arab).
|
Takbiratul
Ikhram (menggunakan bahasa arab).
|
Takbiratul
Ikhram (tidak menggunakan bahasa arab tidak apa-apa).[11]
|
3
|
Berdiri bagi yang sanggup berdiri
|
Wajib berdiri
|
Berdiri bagi
yang sanggup berdiri (tidak sanggup berdiri maka bisa duduk dan menghadap
kiblat)
|
Berdiri bagi
yang sanggup berdiri (jika tidak bisa duduk maka shalatnya terlentang dan
menghadap kiblat)[12]
|
Berdiri bagi
yang sanggup berdiri (jika tidak bisa duduk maka shalatnya terlentang dan
menghadap kiblat)
|
4
|
Membaca surat al-fatihah pada
setiap rakaat
|
Wajib membaca
surat al-Fatihah
|
Tidak wajib
membaca al-Fatihah (boleh membaca surat apa saja yang ada di dalam
Al-Qur’an).
|
Wajib membaca
surat al-Fatihah
|
Wajib membaca
surat al-Fatihah
|
5
|
Ruku
|
Ruku dan wajib
tuma’ninah
|
Ruku dan tidak
wajib tuma’ninah
|
Ruku dan wajib
tuma’ninah
|
Ruku dan wajib
tuma’ninah
|
6
|
Bangkit dari ruku dan berdiri
tegak
|
Wajib
mengangkat kepalanya dan beri’tidal serta disunnahkan membaca tasmi
|
Tidak wajib
mengangkat kepalanya dan beri’tidal serta disunnahkan membaca tasmi.
|
Wajib
mengangkat kepalanya dan beri’tidal serta disunnahkan membaca tasmi
|
Wajib
mengangkat kepalanya dan beri’tidal serta disunnahkan membaca tasmi
|
7
|
Sujud dan tuma’ninah didalamnya
|
Sujud
dilakukan 2x pada setiap rakaat dan 7 anggota wajib menempel (dahi, kedua
telapak tangan, dua lutut, dua ibu jari).
|
Sujud
dilakukan 2x pada setiap rakaat dan 7 anggota wajib menempel (dahi, kedua
telapak tangan, dua lutut, dua ibu jari).
|
Sujud
dilakukan 2x pada setiap rakaat dan 7 anggota sunnah menempel.
|
Sujud
dilakukan 2x pada setiap rakaat dan 7 anggota wajib menempel (dahi, kedua
telapak tangan, dua lutut, dua ibu jari).
|
8
|
Bangkit dari sujud dan duduk
diantarra dua sujud hingga dalam posisi duduk tegak dan tuma’ninah didalamnya.
|
Wajib duduk
diantara dua sujud
|
Tidak wajib
duduk diantara dua sujud
|
Wajib duduk
diantara dua sujud
|
Wajib duduk
diantara dua sujud[13]
|
9
|
Tuma’ninah dalam semua ruku
|
Tuma’ninah
dalam setiap ruku
|
Tuma’ninah
dalam setiap ruku
|
Tuma’ninah
dalam setiap ruku
|
Tuma’ninah
dalam setiap ruku
|
10
|
Tahiyyat
|
Tahiyyat
pertama sunnah dan tahiyyat terakhir itu sunnah.
|
Tahiyyat
pertama sunnah dan tahiyyat terakhir itu sunnah.
|
Tahiyyat
pertama wajib dan tahiyyat terakhir itu wajib.
|
Tahiyyat
pertama sunnah dan tahiyyat terakhir itu wajib.
|
11
|
Mengucapkan salam
|
Wajib
mengucapkan salam 1x.
|
Tidak wajib mengucapkan
salam.
|
Wajib mengucapkan
salam 2x.
|
Wajib
mengucapkan salam 1x.[14]
|
12
|
Tertib
|
Tertib
|
Tertib
|
Tertib
|
Tertib
|
D.
Definisi
Zakat Menurut Empat Madzhab
No
|
Menurut Empat Madzhab
|
Definisi Zakat
|
1
|
Maliki
|
Mengeluarkan
bagian yang khusus dari harta yang telah mencapai nisabnya untuk yang berhak
menerimanya, jika milik sempurna dan mencpai haul selain barang tambang, tanaman dan rikaz.
|
2
|
Hanafi
|
Pemberian
harta karena Allah agar dimiliki orang fakir yang beragama Islam selain dari
bani Hasyim atau bekas budaknya dengan ketentuan manfaat dan harta terputus
dari pemiliknya yang asli dengan cara apapun.
|
3
|
Hambali
|
Nama
untuk sebuah aktifitas yang terdiri dari rangkaian berdiri, ruku dan sujud.
|
4
|
Safi’i
|
Nama
bagi sesuatu yang di keluarkan dari harta dan badan dengan cara tertentu.[15]
|
E.
Syarat
Wajib Zakat
No
|
Syarat Wajib Zakat
|
Menurut Madzhab Maliki
|
Menurut Madzhab Hanafi
|
Menurut Madzhab Hambali
|
Menurut
Madzhab Safi’i
|
1
|
Merdeka
|
Tidak wajib
|
Wajib
|
Wajib
|
Wajib
|
2
|
Islam
|
-
|
-
|
-
|
Orang murtad wajib
mngeluarkan zakat, dan yang wajib di zakati adalah harta ketika ia masih
muslim.
|
3
|
Baligh dan berakal
|
-
|
Wajib
|
-
|
-
|
4
|
Harta yang dikeluarkan adalah harta yang
wajib dizakati
|
Binatang yang diberi
makan pemiliknya (ma’lufah).
|
Wajib zakat madu
|
Wajib zakat madu
|
Tidak wajib zakat
madu
|
5
|
Harta yang dizakati adalah milik penuh
|
Harta yang dimiliki harta yang dimiliki
secara asli dan hak pengeluarannya berada ditangan pemiliknya.
|
Harta yang dimiliki secara utuh dan berada
ditangan sendiri yang benar-benar dimiliki.
|
Harta yang dimiliki secara asli dan bisa
dikeluarkan sesuai dengan keinginan pemiliknya.
|
Harta yang dimiliki secara asli, penuh dan
ada hak untuk mengeluarkannya.
|
6
|
Kepemilikan harta telah mencapai setahun,
menurut hitungan tahun qamariyah.
|
Wajib
|
Wajib
|
Wajib
|
Wajib
|
F.
Yang
Wajib Di Zakati
No
|
Yang
Wajib Dizakati
|
Madzhab
Maliki
|
Madzhab
Hanafi
|
Madzhab
Hambali
|
Madzhab
Safi’I
|
1
|
Binatang ternak
|
Kecuali kuda
|
Kuda
|
Kecuali kuda
|
Kecuali kuda
|
2
|
Emas dan perak
|
Nisob emas= 20 misqol atau 20
dinar beratnya 91 23/25 misqol.
Nisob perak=200 dirham berat 624
gram.
|
Nisob emas= 20 misqol atau 20
dinar beratnya 91 23/25 misqol.
Nisob perak=200 dirham berat 624
gram.
|
Nisob emas= 20 misqol atau 20
dinar beratnya 91 23/25 misqol.
Nisob perak=200 dirham berat 624
gram.
|
Nisob emas= 20 misqol atau 20
dinar beratnya 91 23/25 misqol.
Nisob perak=200 dirham berat 624
gram.
|
3
|
Biji makanan yang mengenyangkan
|
Hanya gandum
|
Hanya gandum
|
Hanya gandum
|
Biji-bijian yang menjadi makanan
pokok, termasuk beras= 653 kg beras.
|
4
|
Harta perniagaan
|
Hukumnya sunnah yaitu 2,5%
|
Hukumnya sunnah yaitu 2,5%
|
Hukumnya sunnah yaitu 2,5%
|
Hukumnya sunnah yaitu 2,5%.[16]
|
BAB PUASA
No
|
Rukun Puasa
|
Madzhab Maliki
|
Madzhab Hanafi
|
Madzhab Hambali
|
Madzhab Safi’i
|
1
|
Niat
|
Puasa
wajib:
Dilakukan
antara terbenamnya matahari hingga waktu fajar kedua (fajar sadiq) dan hanya
cukup satu kali niat saja yaitu pada awal malam Ramadhan pertama.
Dalam
berniat puasa maka wajib diucapkan,
misanya ini puasa Ramadhan atau puasa sunnah.[18]
|
Puasa
wajib:
Niat
pada malam hari atau sampai matahari condong ke barat.
Dalam
berniat puasa tidak wajib untuk diuacapkan.
|
Puasa
wajib:
Dilakukan
antara terbenamnya matahari hingga waktu fajar kedua (fajar sadiq).
Dalam
berniat puasa maka wajib diucapkan,
misanya ini puasa Ramadhan atau puasa sunnah.
|
Puasa
wajib: Dilakukan antara terbenamnya matahari hingga waktu fajar kedua (fajar
sadiq).
Dalam
berniat puasa wajib maka diucapkan,
misanya ini puasa Ramadhan atau puasa sunnah.
|
B.
Syarat
sah puasa
No
|
Madzhab Maliki
|
Madzhab Hanafi
|
Madzhab Hambali
|
Madzhab Safi’i
|
1
|
Niat
|
Niat
|
Niat
|
Niat
|
2
|
Islam
|
Islam
|
Islam
|
Islam
|
3
|
_
|
_
|
_
|
Berakal
|
4
|
Suci
dari haid dan nifas
|
Suci
dari haid dan nifas
|
Suci
dari haid dan nifas
|
Suci
dari haid dan nifas
|
C.
Hal-hal
yang membatalkan puasa
Madzhab
|
Wajib
Qada dan Kifarat
|
Wajib
Qada dan Tidak Kifarat
|
Tidak
Qada dan Tidak Kifarat
|
Maliki
|
a)
Melakukan berhubungan intim.
b)
Muntah dengan sengaja.
c)
Masuknya cairan melalui
tenggorokan, mata, telinga dan hidung.
d)
Makan dengan sengaja.
|
Sakit
|
a)
Muntah dengan sengaja.
b)
Masukan sesuatu lewat
tenggorokan.
|
Hanafi
|
a)
Menjamah makan dan minum tanpa
uzur syar’i.
b)
Melakukan berhubungan intim.
c)
Bepergian dan sakit.[19]
|
Memenuhi nafsu birahinya hanya
sesasat.
|
Karena lupa.
|
Hambali
|
Melakukan berhubungan intim.
|
a)
Makan dengan sengaja.
b)
Minum obat dengan sengaja
(seperti cairan infuse yang masuk ke tubuh).muntah dengan sengaja.
c)
Orang yang memantik bekam tanpa
mengeluarkan darah.
|
a)
Melakukan bekam sampai
mengeluarkan darah.
b)
Mimisan dan muntah-muntah.
|
Safi’i
|
Melakukan berhubungan intim.[20]
|
a)
Makan dengan sengaja.
b)
Merokok.
c)
Membersihkan telinga.
d)
Berkumur dan menghisap air ke
hidung.
e)
Muntah dengan sengaja.[21]
|
BAB HAJI
No
|
Madzhab Maliki
|
Madzhab Hanafi
|
Madzhab Hambali
|
Madzhab
Safi’i
|
1
|
Islam
|
Islam
|
Islam
|
Islam
|
2
|
Berakal
|
Berakal
|
-
|
-
|
3
|
Baligh
|
Baligh
|
Baligh
|
Baligh
|
4
|
Merdeka
|
Merdeka
|
Merdeka
|
Merdeka
|
5
|
Istitha’ah
(Kemampuan)
|
Istitha’ah
(Kemampuan)
|
Istitha’ah
(Kemampuan)
|
Istitha’ah
(Kemampuan)
|
B.
Rukun-rukun Haji Menurut Imam Madzhab
No
|
Rukun Haji
|
Madzhab Maliki
|
Madzhab Hanafi
|
Madzhab Hambali
|
Madzhab Safi’i
|
1
|
Ihram
|
a.
Niat
b.
Dilakukan dengan bersama dengan talbiyah.
|
a)
Niat
b)
Dilakukan dengan bersama dengan talbiyah.
|
-
|
-
|
2
|
Tawaf
Ifadhah
|
a.
Waktu tawaf dari hari Id al-Nhr (10 Dzul
Hijjah) hingga akhir bulan Dzul Hijjah.
b.
Jika menunda haji dari waktu yang sudah
ditentukan maka harus bayar dam dan
hajinya sah dilaksanakan sebelum waktunya dan tidak juga setelahnya.
|
a.
Waktu tawaf dari waktu fajar hari hari Nahr
(tanggal 10 Dzulhijjah) hingga akhir usia setelah berwuquf di Arafah.
b.
Apabila ia tidak berwuquf di Arafah pada waktunya
yang akan dijelaskan nanti, maka tawaf ifadhahnya tidak sah; dan hajinya pun
batal.[23]
|
a.
Waktu tawaf dimulai dari pertengahan malam
Id al-Nahr bagi yang telah berwuquf di Arafah.
b.
Tawaf sebelum wuquf di Arafah, maka hajinya
batal.
c.
Batas akhir waktu tawaf ini tidak ada. Maka
ia dituntut melaksanakannya selama ia masih hidup.
|
a.
Waktu tawaf dimulai setelah pertengahan malam dari malam
Nahr. Waktu yang paling utama adalah pada dari Nahr; dan tawaf ifadhah tidak
mempunyai batas akhir waktu, bahkan ia boleh menundanya hingga waktu kapan
saja yang ia kehendaki.
|
3
|
Sa’i
diantara safa dan Marwah
|
a.
Syarat sah sa’i:
Dilaksanakan 7x
jalan, mulai sa’i dari shafa, muwalat
(berturut-turut, runtun), sa’i dilaksanakan setelah tawaf.
b.
Sunah sa’i:
Mencium hajar aswad
sebelum keluar melaksanakan sa’i, sa’i tidak terpisah dari tawaf, membaca doa
diatas bukit tanpa henti.
|
a.
Ketentuan wajib Haji:
Melaksanakan setelah
tawaf, sa’i itu dilakuakn 7x jalan, berkendara tanpa uzur wajib
mengulang atau bayar dam, memulai sa’inya dai Shafa dan berakhir di Marwah.
b.
Sunah Sa’i:
Antara tawaf dan sa’i dilakukan
dengan runtun, suci dari hadas, berlari kecil antara dua mil, membaca takbir,
tahlil, dan doa apa saja sambil menghadap ke Baitullah, memegang hajar aswad.
|
a.
Syarat-syarat sa’i:
Niat, berakal,
beruntun, berjalan kaki bagi yang mampu, sa’i dilaksanakan setelah tawaf,
sa’i dilaksanakn 7x jalan, tumit kakinya (jari kaki) menyentuh bukit shafa
dan marwah.
b.
Sunah sa’i:
Suci dari hadas dan
najis, menutup aurat, melangsungkan antara sa’i dan tawaf.
|
a.
Syarat-syarat sa’i:
Memulai dari shafa dan berakhir di marwah, dilaksanakan
7x jalan, dilaksanakan setelah tawaf ifadhah dan qudum.
b.
Sunah-sunah sa’i:
Hendaklah ia keluar
dari pintu shafa untuk bersa’i yaitu salah satu pintu Masjidil Haram, mendaki
bukit shafa hingga dapat melihat ka’bah, membaca doa diantara dua sa’i, suci
dari hadas dan najis, tidak benkendara kecuali uzur.
|
4
|
Datang ke Padang Arafah dan Cara Melaksanakan Wuquf
|
a.
Syarat wukuf di arafah:
Niat.
b.
Sunah wukuf:
Menjamak sholat
dhuhur dan ashar.
|
a.
Syarat wukuf:
Datang tepat waktu.
b.
Sunah wukuf:
Mandi, menyampaikan dua khutbah bagi imam, Sunah
wukuf:
menjamak sholat
dhuhur dan ashar, tidak berpuasa, mempunyai wudlu.
|
a.
Syarat wukuf:
Wukuf dilakukan pada
tanggal 9-10 dzulhijah.
b.
Sunah wukuf:
Wukuf diatas
kendaraan, menghadap kiblat, mengangkat kedua tangan ketika berdoa.
|
a.
Syarat wukuf:
Datang ke Arafah pada
tanggal 9-10 dzulhijah.
b.
Sunah wukuf:
Wukuf di Jabal
Rahmah, banyak berdoa, takbir dan tahlil, mengangkat kedua tangan, suci dari
hadas dan najis.
|
DAFTAR
PUSTAKA
Al-Jaziri,
Syekh Abdurrahman (alih bahasa : Prof. H. Chatibul Umam dan Abu Hasan Fuadi)
Al-Fiqh
‘Ala Al-Madzahib Al-Arba’ah (Fiqh Emapat Madzhab).
Jakarta: Darul Ulum
Press, 1996.
Al-Jaziri,
Abdurrahman. Fiqh Empat Madzhab (Bagian
Ibadah Thaharah). Jakarta: Darul
Ulum Press. 2002.
Atjeh,
Aboebakar. Ilmu Fiqh Islam Dalam Lima
Madzhab. Jakarta: Islamic Research
Institute. 1997.
Mughniyah, Muhammad Jawad. Fiqh Lima Madzhab. Jakarta: Lentera. 2001.
Muhammad
bin ‘Abdurrahman ad-Dimasyqi, Syaikh al-‘Allamah, Fiqh Empat Mazhab
Cetakan
ke-18. Bandung: Hasyimi. 2015.
Musyaffa’,
Fadlolan. Shalat di Pesawat dan Angkasa.
Langitan: Syauqi Press. 2007.
Pamungkas,
M. Imam Dan Surahman, H Mama. Fiqh Empat
Madzhab. Jakarta: Al-Makmur.
Ulfah,
Isnati. Fiqih Ibadah. Ponorogo: STAIN Po PRESS.
2009.
Zuhaili,
Wahbah. Fiqh Islam Wa Adillatuhu terj.
Abdul Hayyie al-Kattani Jilid. 1. Jakarta:
Gema Insani. 2010.
[1] Abdurrahman Al-Jaziri, Fiqh Empat Madzhab (Bagian Ibadah Thaharah),
(Jakarta: Darul Ulum Press, 2002), hlm. 3-9
[2]Abdurrahman Al-Jaziri, Fiqh Empat Madzhab (Bagian Ibadah Thaharah),…,
hlm. 15.
[3]
Abdurrahman Al-Jaziri, Fiqh Empat Madzhab (Bagian Ibadah Thaharah),…,
hlm. 24.
[4]
Abdurrahman Al-Jaziri, Fiqh Empat Madzhab (Bagian Ibadah Thaharah),…,
hlm. 27.
[5]
Abdurrahman Al-Jaziri, Fiqh Empat Madzhab (Bagian Ibadah Thaharah),…,
hlm. 124.
[6] Aboebakar Atjeh, Ilmu Fiqh Islam Dalam Lima Madzhab,
(Jakarta: Islamic Research Institute, 1997), hlm. 67.
[7] Fadlolan Musyaffa’, Shalat di Pesawat dan Angkasa,
(Langitan: Syauqi Press, 2007, hlm. 25
[8] Wahbah Zuhaili, Fiqh Islam Wa Adillatuhu terj. Abdul Hayyie
al-Kattani Jilid. 1, (Jakarta: Gema Insani, 2010), hlm. 600
[9] Isnatin Ulfah, Fiqih Ibadah, (Ponorogo: STAIN Po PRESS,
2009), hlm. 69.
[10] Muhammad Jawad Mughniyah, Fiqh Lima Madzhab, (Jakarta: Lentera,
2001), hlm. 104.
[11]
Muhammad Jawad Mughniyah, Fiqh Lima Madzhab,……,, hlm. 105.
[12]
Muhammad Jawad Mughniyah, Fiqh Lima Madzhab,……,, hlm. 105.
[13]
Muhammad Jawad Mughniyah, Fiqh Lima Madzhab,……,, hlm. 111.
[14]
Muhammad Jawad Mughniyah, Fiqh Lima Madzhab,……,, hlm. 115.
[15]
Muhammad Jawad Mughniyah, Fiqh Lima Madzhab,……,, hlm. 177.
[16] Muhammad Jawad Mughniyah, Fiqh Lima Madzhab,…., hlm. 187
[17] Syaikh al-‘Allamah Muhammad bin
‘Abdurrahman ad-Dimasyqi, Fiqh Empat
Mazhab Cetakan ke-18, (Bandung: Hasyimi, 2015), hlm. 150.
[18] Syaikh al-‘Allamah Muhammad bin
‘Abdurrahman ad-Dimasyqi, Fiqh Empat
MadzhabCetakan Ke-18,……, hlm. 150.
[19]
Syaikh al-‘Allamah Muhammad
bin ‘Abdurrahman ad-Dimasyqi, Fiqh Empat
Madzhab,…., hlm. 393-394.
[20]
M. Imam
Pamungkas, M.Ag Dan H Maman Surahman,Lc,M.Ag, Fiqh Empat Madzhab, (Jakarta: Al-Makmur),
[21]
Syaikh al-‘Allamah Muhammad
bin ‘Abdurrahman ad-Dimasyqi, Fiqh Empat
Madzhab,…., hlm. 409.
[22] Syekh Abdurrahman Al-Jaziri
(alih bahasa : Prof. H. Chatibul Umam dan Abu Hasan Fuadi), Al-Fiqh ‘Ala Al-Madzahib Al-Arba’ah (Fiqh
Emapat Madzhab), (Jakarta: Darul Ulum Press, 1996), hlm. 180.
[23] Syekh Abdurrahman Al-Jaziri
(alih bahasa : Prof. H. Chatibul Umam dan Abu Hasan Fuadi), Al-Fiqh ‘Ala Al-Madzahib Al-Arba’ah (Fiqh
Emapat Madzhab),….., hlm. 216-221.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar